Penulis : Noni Apreleani
Apa yang saudara pikirkan tentang Entrepreneur Kedokteran?
Apakah bisnis? Bisnis Sosial? Bisnis dalam Kedokteran? Dokter yang memiliki
Bisnis?
Disetiap kepala saudara mungkin memikirkan berbagai hal yang
berbeda ketika mendengar istilah Entrepreneur Kedokteran. Berbagai bayangan
beragam dapat muncul berbeda dari setiap pemikiran
Entrepreneurship dalam Kedokteran ini tidak lepas kaitannya
dengan kesehatan dan derajat hidup kesehatan setiap orang. Seperti yang ada
pada konsep Mandala of Health
(gambar konsep mandala)
Yang menggambarkan
konsep bahwa kondisi kesehatan seorang individu
dipengaruhi oleh berbagai faktor dan salahsatu yang ada yaitu faktor psycho-socio-economic environment yang akan berhubungan dengan Pekerjaan
individu tersebut.
Dari konsep tersebut kita akan melihat bagaimana menjadi
enterpeneur yang sukses dalam bidang kedokteran dan kesehatan tentunya. Ada beberapa karakter dari enterprener yang
sukses yaitu:
·
Build your dream (bangun mimpimu).
Mimpi / dream yang dimaksud adalah SMART dream. SMART merupakan singkatan dari Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Timebound.
Spesific:
sasaran dan tujuan harus jelas dan benar-benar spesifik. Suatu target dan
tujuan yang spesifik biasanya akan menjawab pertanyaan 5W
What: apa yang ingin di capai?
Why: mengapa harus di capai? Alasan yg spesifik
Who: Siapa yang terlibat?
Where: Dimana target akan dicapai?
Which: identifikasi persyarakat untuk mencapai target dan kendala yang
bisa menghalangi target.
Measurable:
sasaran dan tujuan harus bisa diukur karena
“Jika target tidak dapat diukur, mustahil untuk
mengetahui apakah anda telah membuat kemajuan dalam mencapai tujuan akhirnya”
Achievable:
memiliki pencapaian apa yang
harus di raih
Realistic:
hal yang direncanakan harus realistis artinya prediksinya tidak berlebihan atau
terlalu kurang sehingga performa yang di capai juga bisa sesuai dengan target
Time-bound:
ada sasaran batas waktu tujuan ditargetkan akan dicapai, waktu perlu spesifik.
·
Creative:
kita harus bisa berfikir kreatif dengan buat ide yang kreatif yang bisa membuat
produk kita menjadi lebih unggul dari yang lain
·
Innovative:
pemikiran yang inovatif dengan memiliki ide yang baru untuk bisa membedakan
produk kita dengan produk sejenis lainnya
·
Problem
solving: enterpreneur yang sukses
harus memiliki kemampuan untuk bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi
·
Combining
resources to add values
Itu adalah karakter dari enterpreur yang sukses sekarang
kita hubungkan dengan dokter. Tujuan dari adanya dokter sendiri adalah untuk meningkatkan kesehatan individu, tenaga
terlatih dan profesional serta berpendidikan. Yang intinya untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat.
Lalu bagaimana cara dokter bisa meningkatkan kesehatan dan
kesejahteraan masyarakt? Antaralain adalah dengan
·
Meningkatkan kewarpadaan terhadap kesehatan
·
Meningkatkan fasilitas kesehatan di daerah
terpencil
·
Pendistribusian dokter dan tenaga kesehatan
lainnya
Dari hal tersebut dokter dengan karakteristik
enterpreneurshipnya bisa berperan dalam
Membangun sistem
kesehatan yang cost effective dan
mengimplementasikan universal health coverage.
Dari sini kita bisa melihat potensi DOKTER sebagai SOCIAL ENTERPRENEURSHIP yang akan
mengkombinaskina kedoteran dengan bisnis kedepan untuk kesejahteraan komunitas
dan dokter.
Seberapa pentingkan Enterpreneuship dalam Kedokteran?
“We need nowadays more social entrepreneurs in public health and community
medicine field to improve the health status of our people”
Dan Bisnis dalam Kedokteran EQUALITY antara kebutuhan ekonomi dan manfaat sosial.
Bagaimana
mengkombinasikan BISNIS dan MANFAAT SOSIAL?
Klinik pribadi akan
mendapatkan income rutin dari BPJS dalam kapitasi yang perlu dilakukan adalah
mempertahankan kesehatan klien untuk menurunkan pengguanaan pengobatan.
BUAT KOMUNITAS yang bisa dalam bentuk:
a.
Posyandu
b.
Posyandu lansia
c.
Posbindu
d.
Smoking cessation class
e.
Pregnan women
f.
Exercise untuk kondisi khusus seperti diabetes,
asma, jantung, osteoporosis dsb.
TEMUKAN PELAYANAN
YANG BARU, JANGAN HANYA DENGAN PELAYANAN YANG STANDAR SAJA
Referensi
Pakasi TA. Enterpreneurship in Medicine. Divisi Kedokteran
Keluarga, Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas. Fakultas Kedokteran Universitan
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar